Friends

Mencegah Tertular Virus Hepatitis


Hepatitis adalah istilah umum untuk menyebutkan segala proses peradangan yang terjadi pada hati. Peradangan ini bisa khronis maupun akut dengan berbagai macam penyebab.

Organ yang paling terkena dampak pada hepatitis tentu saja hati. Bahkan ada beberapa virus hepatitis yang dapat merusak fungsi hati sehingga dapat menyebabkan kematian.

Dari sekian banyak penyebab hepatitis, virus hepatitis (A, B, C, D dan E) adalah penyebab yang paling sering ditemukan.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah tertular virus hepatitis.

1. Vaksinasi

Saat ini telah tersedia vaksin untuk virus hepatitis A dan B yang terbukti sangat efektif. Pemberiannya bisa satu satu atau dikombinasi keduanya. Sayangnya vaksin untuk hepatitis C belum ditemukan.

2. Cuci tangan

Cobalah membiasakan mencuci tangan terutama setelah ke kamar kecil dan sebelum menyiapkan/memegang makanan. Cucilah tangan dengan sabun dan air atau bisa juga menggunakan hand sanitizers.

3. Jauhi darah orang lain

Tidak ada yang tahu jika seseorang mengidap hepatitis bahkan pasiennya sendiri tidak mengetahuinya. Karena memang sebagian besar penderita hepatitis tidak mengeluhkan gejala yang berarti.

Konsekuensinya, kita harus selalu melindungi diri dari kontak dengan darah orang lain terutama bagi mereka yang bekerja di fasilitas kesehatan.

Jika terjadi kontak darah, cucilah dengan sabun sesegera mungkin.

4. Berhati hatilah dengan jarum

Sangat mungkin kita terkena hepatitis dari jarum yang digunakan membuat tattoo atau tindik. Jadi, pastikan jarum yang digunakan untuk tindakan tersebut benar benar steril dan orang yang melakukan tattoo adalah seorang profesional.

5. Tahu kapan tukar menukar sesuatu

Tukar tukaran mainan, alat kantor dan kendaraan adalah sesuatu yang lumrah dan aman, sebaliknya menjadi tidak aman jika kita tukar tukaran sikat gigi, pisau cukur, pemotong kuku dan alat pribadi lainnya. Tentu saja hal tersebut termasuk jarum suntik dan alat alat kedokteran.

6 Lakukan seks dengan aman

Ada 3 jenis virus hepatitis yang ditularkan melalui kontak seksual. Jadi, sangatlah penting untuk mengetahui riwayat kesehatan teman dekat anda. Ingatlah selalu untuk menggunakan kondom kecuali anda yakin anda berdua tidak terinfeksi hepatitis.

7. Perhatikan apa yang anda makan dan minum

Walau di rumah anda sudah sangat memperhatikan kebersihan saat menyiapkan makanan namun anda tidak bisa mengetahui apa dan bagaimana makanan yang disiapkan saat anda membelinya di luar rumah.

Berhati hatilah dalam memilih dan memilah makanan terutama makanan yang dikonsumsi langsung.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More